10 Tips Keuangan

Walaupun membuat suatu resolusi untuk memperbaiki situasi keuangan Anda adalah hal yang baik untuk dilakukan setiap saat sepanjang tahun, banyak orang merasa hal tersebut akan lebih mudah pada awal tahun baru. Terlepas dari kapan Anda mulai, dasar-dasarnya tetap sama. Berikut adalah sepuluh kunci dari Deborah Fowles, mantan Pemandu About.com untuk mendapatkan kemajuan finansial.

Tips Keuangan

1. Dapatkan Bayaran yang Sepadan dan Gunakan Kurang dari yang Anda Dapatkan

Kedengarannya sederhana, tapi banyak orang yang cukup kesulitan dengan aturan dasar pertama ini. Pastikan Anda tahu berapa pasaran bayaran untuk pekerjaan Anda, dengan melakukan evaluasi keterampilan Anda, produktivitas, tugas pekerjaan, kontribusi terhadap perusahaan, dan tingkat yang berlangsung, baik di dalam maupun di luar perusahaan, untuk apa yang Anda lakukan. Memperoleh bayaran yang kurang walaupun hanya satu juta rupiah per tahun dapat memiliki efek kumulatif yang signifikan selama Anda bekerja.

Tidak peduli seberapa banyak atau sedikit Anda dibayar, Anda tidak akan pernah maju jika Anda menghabiskan lebih dari apa yang Anda peroleh. Seringkali lebih mudah untuk menghabiskan lebih sedikit dari pada untuk mendapatkan lebih banyak, dan upaya penghematan kecil kecil di sejumlah pengeluaran Anda  dapat menghasilkan penghematan besar. Tidak selalu harus melakukan pengorbanan besar.

2. Selalu Sesuai Penganggaran

Salah satu hal penting dalam keuangan adalah: penganggaran. Itu bukanlah sebuah kata yang sederhana. Bagaimana Anda tahu kemana uang Anda akan pergi jika Anda tidak membuat anggaran? Bagaimana Anda mengatur tujuan pengeluaran dan menabung jika Anda tidak tahu untuk apa uang Anda akan digunakan? Berapa besarpun penghasilan Anda tiap tahunnya, Anda tetap perlu melakukan penganggaran.

3. Bayar Tagihan Kartu Kredit

Tagihan kartu kredit adalah kendala nomor satu untuk mendapatkan kemajuan secara finansial. Lembaran-lembaran plastik kecil itu sangat mudah digunakan, dan sangat mudah untuk dilupakan  bahwa itu adalah uang nyata ketika kita sedang menggeseknya untuk melakukan pembayaran, besar atau kecil. Meskipun kita memutuskan untuk membayar tagihan sebelum jatuh tempo, kenyataannya adalah bahwa kita sering tidak, dan akhirnya malah membayar jauh lebih banyak daripada jumlah yang kita bayarkan jika menggunakan uang tunai.

4. Kontribusi Terhadap Rencana Pensiun

Jika tempat Anda bekerja memiliki program tabungan pensiun dan Anda tidak berkontribusi untuk itu, Anda telah menyia-nyiakan satu kesempatan baik, kecuali Anda telah memiliki rencana pensiun sendiri diluar sana. Tanyakan kepada perusahaan Anda jika mereka memiliki program tabungan pensiun (atau rencana serupa) dan mendaftar hari ini juga. Jika Anda telah berkontribusi, cobalah untuk meningkatkan kontribusi Anda. Jika perusahaan Anda tidak menawarkan program pensiun, pertimbangkan untuk mencari program serupa yang banyak ditawarkan oleh bank.

5. Miliki RencanaTabungan

Anda pernah mendengar sebelumnya: Bayar diri Anda terlebih dahulu! Jika Anda menunggu sampai Anda telah memenuhi semua kewajiban keuangan Anda yang lain sebelum melihat apa yang tersisa untuk ditabung, kemungkinan Anda tidak akan pernah memiliki rekening tabungan atau investasi yang sehat. Putuskan untuk menyisihkan minimal 5% sampai 10% dari gaji Anda untuk tabungan SEBELUM Anda mulai membayar tagihan Anda. Lebih baik lagi kalau otomatis dipotong dari gaji Anda dan disetorkan ke rekening terpisah.

6. Investasi

Jika Anda berkontribusi pada program pensiun dan tabungan dan Anda masih dapat mengatur untuk menaruh uang ke dalam investasi lain, itu lebih baik.

7. Maksimalkan Fasilitas dari Tempat Kerja Anda

Fasilitas dari tempat kerja seperti tabungan pensiun, rekening pengeluaran yang fleksibel, asuransi kesehatan dan gigi, dll. adalah beberapa fasilitas yang bisa Anda manfaatkan. Pastikan Anda memaksimalkan hak Anda dan mengambil keuntungan dari apa-apa yang dapat menghemat uang dengan mengurangi pajak atau jajan sekalipun.

8. Tinjau Ulang Jaminan Asuransi Anda

Terlalu banyak orang berbicara bahwa dia membayar terlalu banyak untuk asuransi jiwa dan cacat, apakah itu dengan menambahkan jaminan tersebut untuk kredit mobil, membeli polis asuransi seumur hidup saat itu istilah-hidup lebih masuk akal, atau membeli asuransi jiwa ketika Anda tidak memiliki tanggungan. Di sisi lain, penting bagi Anda untuk memiliki asuransi yang cukup untuk melindungi tanggungan Anda dan pendapatan Anda jika terjadi kematian atau cacat.

9. Buat Surat Wasiat

70% orang Amerika tidak memiliki wasiat, apalagi di Indonesia barangkali lebih banyak lagi. Jika Anda memiliki tanggungan, tidak peduli seberapa kecil atau seberapa banyak yang Anda miliki, Anda memerlukan wasiat. Lindungi orang yang Anda cintai. Tulis surat wasiat.

10. Buat Catatan yang Bagus

Jika Anda tidak menyimpan catatan yang baik, Anda mungkin tidak  bisa mengklaim semua potongan yang diijinkan atas pajak penghasilan dan kredit Anda . Atur dengan suatu sistem sekarang dan gunakan setiap tahun. Ini akan jauh lebih mudah daripada berjuang untuk menemukan semuanya pada saat jatuh tempo, hanya untuk melewatkan hal-hal yang bisa menyelamatkan uang Anda .

Cek Kenyataannya

Apakah Anda sudah melaksanakan 10 tips di atas? Jika Anda tidak melakukan sedikitnya enam dari sepuluh tips di atas, putuskan untuk membuat perbaikan sekarang juga. Pilih salah satu tips dan tetapkan tujuan untuk menggabungkan kesepuluh tips tersebut ke dalam gaya hidup Anda.

Ibu Rumah Tangga Berpenghasilan 8 juta lebih per bulan

Leave a reply


Silahkan ketikkan kode di atas, terima kasih!

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>