Bagaimana Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh: Tips Menambah Sistem Kekebalan Tubuh

Flu, Pilek, dan Bersin

Bagaimana cara meningkatkan kekebalan tubuh atau tips menambah sistem kekebalan tubuh? Zat-zat penyerbu tubuh kita ada di mana-mana, mulai dari makanan, tanaman, hewan, air, dan berbagai permukaan. Sebagian besar organisme penyerbu itu tidak menimbulkan penyakit karena berada dalam kendali sistem kekebalan tubuh.

Akan tetapi, bila sistem kekebalan tubuh melemah atau kita berhadapan dengan organisme yang kekebalannya belum dimiliki tubuh, maka kita akan terkena penyakit. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menguatkan sistem imun kita, terutama dengan imunisasi. Untuk menyiapkan kekebalan tubuh terhadap zat-zat penyerbu tubuh, kita juga bisa melakukan langkah-langkah berikut:

Kurangi stres : Stres memang bisa menguntungkan, karena ini akan membuat tubuh menyiapkan diri menghadapi tantantangan. Tetapi stres yang tetap bisa berpengaruh buruk. Penelitian menunjukkan hal itu akan mengurangi kekebalan tubuh, sistem tubuh untuk melawan penyakit.

Rutin melakukan hubungan seks : Penelitian menunjukkan kehidupan seks yang baik bisa menyehatkan. Salah satu studi melihat kaitan antara aktivitas seksual dan kesehatan pada orang berusia pertengahan dan lansia. Hasilnya menunjukkan orang yang rutin berhubungan intim memiliki status kesehatan lebih baik dibanding yang jarang bercinta.

Miliki hewan peliharaan : Ada alasan mengapa anjing disebut sebagai “sahabat terbaik manusia”. Anjing dan juga hewan peliharaan lain akan memberikan pertemanan dan punya efek menyehatkan. Penelitian menunjukkan memiliki ” si pus” atau “si doggy” bisa menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan. Penelitian lain menyebutkan hewan peliharaan bisa meningkatkan sistem imun dan mengurangi risiko alergi pada anak.

Punya teman baik : Teman memang penting, tetapi ikatan sosial yang baik berdampak besar bagi kesehatan. Sebuah studi menyatakan orang yang punya hubungan kuat 50 persen lebih kuat dibanding orang yang jarang bergaul.

Tertawalah : Meski masih perlu dibuktikan lagi tetapi ada beberapa studi yang menemukan kaitan antara tertawa dan meningkatnya sistem imun. Bila ternyata tak terbukti secara ilmiah, bukankah tak ada ruginya tertawa karena itu akan membuat hati lebih bahagia.

Konsumsi antioksidan : Antioksidan bisa kita dapatkan dari buah dan sayur-mayur. Kandungan di dalam bahan pangan ini membentu melindungi sel dari radikalbebas, molekul yang bisa merusak sel. Untuk mendapatkan berbagai jenis antioksidan, konsumsi variasi warna dari buah dan sayur.

Rajin bergerak : Berolahraga sudah terbukti akan meningkatkan sistem imun. Kegiatan fisik yang dilakukan secara teratur juga bisa mengurangi stres, menurunkan risiko osteoporosis, penyakit jantung, dan berbagai tipe kanker. Lakukan olahraga dalam intensitas sedang beberapa kali dalam seminggu.

Cukup tidur malam : Tanpa tidur yang cukup, sistem imun tubuh akan kesulitan mendapatkan yang ia butuhkan untuk melawan penyakit. Orang dewasa rata-rata butuh 7-9 jam per jam tidur malam.

Hindari kalori kosong : Makanan yang diproses seperti makanan cepat saji, snack, permen atau soda tidak mengandung vitamin, serat, atau zat gizi lain. Bahkan makanan-makanan tersebut malah mengandung zat pengawet dan bahan kimia yang mungkin bisa berbahaya.

Bersikap positif : Sebuah penelitian terhadap mahasiswa sekolah hukum menunjukkan ketika mereka merasa optimis, sistem imun mereka lebih kuat.

Yang dicari disini:

Leave a reply


Silahkan ketikkan kode di atas, terima kasih!

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>