Mengatasi Kulit Berminyak

Kulit berminyak terjadi ketika kelenjar sebaceous di kulit terlalu aktif dan memproduksi sebum yang berlebihan. Banyak faktor yang berkontribusi terhadap kulit berminyak, termasuk tingkat hormon, kelembaban, diet dan kosmetik. Namun, faktor keturunan memainkan peran terbesar dalam produksi minyak. Kulit berminyak paling umum terjadi selama masa pubertas tetapi dapat juga terjadi pada orang dari segala usia. Saat ini tidak ada yang benar-benar bisa menghentikan kulit berminyak, sejumlah pilihan pengobatan dan pengobatan sendiri dapat mengurangi produksi minyak.

Kulit wajah berminyak

Yang Bunda perlukan:

  • Obat sabun untuk digunakan pada kulit berminyak
  • Masker lumpur
  • Astringen dengan aseton
  • Spon astringen
  • Bedak bayi

Langkah-langkahnya:

  1. Cuci wajah Bunda tiga kali sehari dengan menggunakan sabun dan air panas. Air panas jauh lebih efektif melarutkan dan membasuh minyak kulit daripada air dingin. Bunda dapat menggunakan sabun batangan biasa atau mencoba sabun obat untuk kulit berminyak.
  2. Olahraga teratur untuk meningkatkan sirkulasi dan aliran darah serta membuka pori-pori. Berlawanan dengan apa yang dipercaya kebanyakan orang, berkeringat sebenarnya sehat bagi kulit dan dapat membantu menghentikan kulit berminyak dan mengurangi frekuensi tumbuhnya jerawat.
  3. Oleskan masker lumpur atau tanah liat beberapa kali ke wajah Bunda setiap minggu. Masker yang lebih gelap biasanya yang paling menyerap, tapi tanah liat mawar berwarna mungkin tidak terlalu mengiritasi kulit sensitif.
  4. Gunakan astringen yang mengandung aseton untuk membantu menghentikan kulit berminyak. Dalam kebanyakan kasus, alkohol pembersih dan witch hazel sama efektifnya dengan zat aseton mahal. Bunda juga dapat membeli spon astringen di apotik dan toko kosmetik  untuk Bunda bawa ketika bepergian.
  5. Beli kosmetik berbasis air saja, karena produk berbasis minyak dapat meningkatkan minyak di wajah. Gunakan bedak bayi sebagai alas bedak tipis, yang lebih menyerap daripada bedak kosmetik biasa. Bedak tidak akan menghentikan produksi minyak, tetapi dapat meminimalkan kulit kelihatan berminyak.
  6. Menghentikan atau mengubah jenis pil kontrasepsi oral yang Bunda gunakan dapat membantu menghentikan kulit berminyak. Hormon memainkan peran utama dalam kulit berminyak, makanya minyak dan jerawat meningkat selama masa pubertas dan kehamilan. Jika Bunda tidak sedang menggunakan pil KB, Bunda dapat meminta nasehat dokter Bunda tentang manfaat dan risiko penggunaan kontrasepsi oral untuk mengobati kulit berminyak.
  7. Hindari untuk terlalu merangsang kulit Bunda. Pengelupasan yang terlalu sering adalah pemicu umum produksi minyak yang berlebihan. Sering terkena sinar matahari berlebihan atau terus-menerus menggosok atau memencet kulit Bunda juga bisa menyebabkan over-stimulasi.
  8. Coba obat bebas atau resep yang mengandung retinol untuk mengontrol kulit berminyak. Gunakan produk dengan hemat untuk menghindari iritasi kulit, kemerahan dan mengelupas.

Sumber: eHow.com

Ibu Rumah Tangga Sukses Bisnis Online

Yang dicari disini:

Tags:  , ,
Ibu Rumah Tangga Berpenghasilan 8 juta lebih per bulan

Leave a reply


Silahkan ketikkan kode di atas, terima kasih!

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>